Program Studi Ilmu Hukum

Program Studi Ilmu Hukum

Visi Program Studi Ilmu Hukum

Menghasilkan lulusan yang religius dan berkompetensi di bidang konsentrasi hukum perdata, konsentrasi hukum pidana dan konsentrasi hukum acara/advokasi tahun 2035.

Misi Program Studi Ilmu Hukum 

  1. Melaksanakan proses pembelajaran Ilmu Hukum, di bidang konsentrasi hukum perdata, konsentrasi hukum pidana dan konsentrasi hukum acara/advokasi yang diarahkan pada model pembelajaran Student Center Learning (SCL) berbasis nilai-nilai religius.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang konsentrasi hukum perdata, konsentrasi hukum pidana dan konsentrasi hukum acara/advokasi yang mampu meningkatkan kompetensi konsentrasi lulusan dengan memperhatikan nilai-nilai religius.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan hukum  yang mampu membantu memecahkan permasalahan hukum perdata, hukum pidana dan hukum acara/advokasi dikaikan dengan nilai-nilai religius.

Tujuan Program Studi Ilmu Hukum

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam penguasaan teori dan praktik di bidang konsentrasi hukum perdata, konsentrasi hukum pidana dan konsentrasi hukum acara/advokasi.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu berpikir logis dan sistematis dalam menghadapi permasalahan hukum perdata, hukum pidana dan hukum acara/advokasi di masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang religius dan mampu melaksanakan tugas dalam mengabdikan ilmunya di bidang hukum perdata, hukum pidana dan hukum acara/advokasi.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran :

  1. Sasaran capaian tahun 2013 adalah pelaksanaan PBM, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang hukum perdata, hukum pidana dan hukum acara/advokasi yang berkualitas, meningkatkan intensitas kuliah dosen tamu, melaksanakan seminar dan diskusi ilmiah serta melakukan peninjauan kurikulum.
  2. Sasaran capaian tahun 2017 adalah peningkatan pelaksanaan PBM, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang religius di bidang hukum perdata, hukum pidana dan hukum acara/advokasi, meningkatkan pelatihan soft skill dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan.
  3. Sasaran capaian tahun 2035 adalah menghasilkan lulusan yang religius dan berkompetensi di bidang konsentrasi hukum perdata, konsentrasi hukum pidana dan konsentrasi hukum acara/advokasi.

Strategi Pencapaian :

  1. Melakukan peningkatan kompetensi dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan di bidang Tri Dharma PT (penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pembelajaran).
  2. Melakukan peningkatkan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan Tri Dharma PT..
  3. Melakukan peninjauan kurikulum setiap 4 (empat) tahun sesuai dengan dinamika keilmuan, masyarakat dan peraturan Dirjen DIKTI.
  4. Mengadakan pelatihan soft skill kepada dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan.
  5. Mengoptimalkan kerjasama dengan alumni dan stakeholder.