Organisasi Fakultas Hukum UNPAB

Organisasi Fakultas Hukum UNPAB

Organisasi dan Tata Laksana

Secara administratif organisasi Fakultas terdiri dari :

  1. Unsur Pimpinan : Dekan
  2. Unsur Pelaksana Akademik : Program Studi, Kelompok Dosen. 
  3. Unsur Administrasi Pelayanan Fakultas : BPAA dan Umum

1. Unsur Pimpinan Fakultas

Fakultas adalah unsur pelaksana akademik universitas yang bertugas mengelola dan melaksanakan satu atau lebih program studi dapat tersusun atas prodi dan unit pelaksana akademik lain yang dianggap perlu yang meliputi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Fakultas Hukum UNPAB dipimpin oleh seorang Dekan yang dipilih Biro SDM melalui serangkaian test kelayakan tertentu yang kemudian disampaikan kepada Rektor . Dekan merupakan pemegang wewenang dan tangggung jawab tertinggi dari seluruh kegiatan di Fakultas. Masa jabatan Dekan adalah 4 (empat) tahun, setelah itu dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak boleh lebih dari 2 (dua) periode berturut-turut.
Tugas utama Dekan dan rincian tugasnya adalah sebagai berikut :

  1. Bertanggung jawab dalam pengawasan penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan melakukan pembinaan kepada mahasiswa, dosen dan tenaga administrasi Fakultas.
  2. Menyusun dan merumuskan serta melaksanakan rencana strategis (Renstra) berdasarkan ketentuan Universitas yang memuat sasaran dan tujuan Fakultas yang hendak dicapai dalam jangka waktu masa kepemimpinannya.
  3. Menyusun dan merumuskan rencana kerja dan anggaran tahunan Fakultas berdasarkan kebijakan Universitas.
  4. Mengelola seluruh kekayaan Fakultas secara optimal dan memanfaatkannya untuk kepentingan Fakultas.
  5. Menyelenggarakan perencanaan, penataan dan pengembangan sumber daya manusia sesuai dengan kualitas yang telah ditetapkan oleh Universitas dalam unitnya.
  6. Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian dosen kepada Rektor berdasarkan rekomendasi Prodi.
  7. Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Ka.Prodi kepada Rektor.
  8. Mengembangkan hubungan dengan alumni, lingkungan Fakultas, Universitas dan masyarakat pada umumnya.
  9. Melaporkan evaluasi diri dan fortopolio per semester (dua kali setahun) kepada Rektor berdasarkan EPSBED.
  10. Dekan mempunyai hak mengakses sistem informasi terintegrasi pada unit kerjanya.
  11. Merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan Fakultas secara menyeluruh.

2. Unsur Pelaksana Akademik

Unsur pelaksana akademik di Fakultas Hukum UNPAB terdiri atas program studi dan kelompok dosen.

Program Studi
Program studi merupakan penyelenggaraan program-program pendidikan tinggi yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum. Penyelenggraaan program studi dipimpin oleh Ketua Program Studi. Program studi terdiri dari : Ketua dan Asisten program studi. Pembukaan dan penutupan program studi berdasarkan studi kelayakan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Tugas utama Katua Program Studi (Ka-Prodi) adalah sebagai berikut :-

  1. Pelaksanaan PBM dan Tri Darma Perguruan Tinggi.
  2. Menyusun dan melaporkan evaluasi diri dan fortopolio setahun sekali kepada Dekan yang berdasarkan EPSBED.
  3. Mengembangkan kurikulum dan silabi dan pemetaan kurikulum.
  4. Mengembangkan kajian keilmuan bidang studi.
  5. Mengembangkan pedoman penulisan Skripsi atau Tugas Akhir/KP/Tesis.
  6. Membuka dan mengembangkan jurnal ilmiah Fakultas (Prodi).
  7. Pembinaan kemampuan akademik dosen dan mahasiswa dan mempetimbangkan pemberian beasiswa.
  8. Melakukan penilaian DP3/DP4 dan kinerja dosen prodi.
  9. Mengusulkan penyelenggaraan sidang skripsi kepada Dekan.
  10. Mengusulkan dosen pemegang mata kuliah kepada Dekan.
  11. Menyusun dan mengusulkan jadwal PBM dan pelaksanaan ujian kepada Dekan. 
  12. Menyusun rencana dan program kerja prodi sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  13. Memberi konsep beban tugas mengajar dosen setiap semester berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk mengetahui kesesuaiannya.
  14. Meneliti konsep rencana acuan perkuliahan dan satuan acara perkuliahan berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk mengetahui kecocokannya.
  15. Mengusulkan dosen wali atau penasehat akademik kepada Dekan.
  16. Memonitor pelaksanaan perkuliahan berdasarkan ketentuan yang berlaku sebagai bahan evaluasi.
  17. Mengevaluasikan hasil pelaksanaan perkuliahan berdasarkan hasil monitoring untuk meningkatkan mutunya.
  18. Mengusulkan rencana biaya operasional prodi pertahun berdasarkan beban kerja prodi dan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran kegiatan perkuliahannya.
  19. Membimbing dan menilai kegiatan kemahasiswaan di lingkungan prodi untuk bahan pengembangan.
  20. Mengusulkan dosen pembimbing bagi mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhir berdasarkan petunjuk atasan untuk kelancaran tugas akademik.
  21. Memfasilitasi dosen yang melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuaii dengan beban tugas dan keahliannya untuk kelancaran pelaksanaan tugasnya.
  22. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan prodi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggung-jawaban pelaksanaan tugas kepada Dekan.
  23. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Dekan.
  24. Merekap dan mengumumkan hasil ujian mahasiswa.
  25. Mengelola laboratorium / studio ditingkat prodi.

Kelompok Dosen

Kelompok dosen adalah sekelompok dosen yang mempunyai kompetensi pada bidang ilmu/kajian tertentu di dalam satu laboratorium/studio/prodi/ fakultas untuk melaksanakan tugas akademis baik yang bertanggung jawab penuh atas suatu mata pelajaran, maupun yang membantu dalam suatu mata pelajaran lainnya (asisten). Kelompok dosen dipimpin oleh seorang ketua kelompok yang bertugas melakukan koordinasi dan memimpin aktivitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dosen dapat merupakan dosen tetap, dosen luar biasa, dan dosen tamu. Dosen tetap dibagi dalam beberapa kelompok minat / bidang studi, yaitu perdata, pidana dan acara.

Tugas utama dosen adalah sebagai berikut :-

  1. Peningkatan mutu hasil Tri Dharma perguruan tinggi di Fakultas selama periode kepemimpinannya kedepan.
  2. Peningkatan kualitas, kreativitas, prestasi, dan akhlak mulia civitas akademika.
  3. Pelaksanaan program yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.


3. Unsur Administrasi Pelayanan Fakultas

Untuk melaksanakan tugas-tugas teknis administrasi sehari-hari pimpinan Fakultas dibantu oleh pegawai administrasi pelayanan dan langsung bertanggung jawab kepada pimpinan Fakultas dalam menyelenggarakan kegiatan tata usaha dan melayani kepentingan dinas baik untuk kegiatan edukatif maupun non edukatif.
Pegawai Administrasi Pelayanan Fakultas terbagi atas :-

  1. Pegawai Administrasi Pelayanan Akademik
    Bertugas mengurus kegiatan akademik, menyusun dosen pengasuh, menyusun jadwal kuliah, ujian dan lain-lain.
  2. Pegawai Administrasi Pelayanan Umum.
    Bertugas melayani administrasi, surat menyurat, arsip, dan lain-lain termasuk mengurus penyediaan dan alat-alat untuk kegiatan edukatif dan non edukatif serta mencatat penggunaannya, mengurus kebersihan, keindahan dan keamanan lingkungan Fakultas.