diskusi-ilmiah-fakultas-hukum-mengangkat-tema-haki_27.jpg

Diskusi Ilmiah Fakultas Hukum Mengangkat Tema HAKI

UNPAB-Medan: Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Panca Budi Unpab (Medan), Jumat (05/05/17) bertempat di Gedung Mahtab 103 Kampus Panca Budi jl. Gatot subroto Km 4,5 Medan mengadakan kegiatan Diskusi Ilmiah bagi Mahasiswa dan dosen Fakultas Hukum.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap per dua bulan dengan tema dan narasumber yang terus berganti di sesuaikan dengan kebutuhan mata kuliah serta melihat dari kasus yang sering terjadi di masyarakat.

Diskusi ilmiah kali ini mengangkat tema tentang “Sistem Keberadaan HAKI Dalam Kerangka Hukum Indonesia dan Hukum Internasional ” dengan Narasumber Dina Andiza SH,.M.Hum dan dihadiri oleh seluruh Dosen Fakultas Hukum serta Plh Dekan Fakultas Hukum Ibu Suryanita.

Dina Andiza menjelaskan Hak Atas Kekayaan Intelektual adalah hak eksklusif yang diberikan suatu hukum atau peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. Menurut UU yang telah disahkan oleh DPR-RI pada tanggal 21 Maret 1997, HaKI adalah hak-hak secara hukum yang berhubungan dengan permasalahan hasil penemuan dan kreativitas seseorang atau beberapa orang yang berhubungan dengan perlindungan permasalahan reputasi dalam bidang komersial.
 
Prinsip-prinsip Hak Kekayaan Intelektual Adalah: Prinsip Ekonomi, Prinsip Keadilan, Prinsip Kebudayaan, Prinsip Sosial

Dasar Hukum Hak Kekayaan Intelektual di Indonesia

Dalam penetapan HAKI tentu berdasarkan hukum-hukum yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dasar-dasar hukum tersebut antara lain adalah :

  • Undang-undang Nomor 7/1994 tentang Pengesahan Agreement Establishing the World Trade Organization (WTO)
  • Undang-undang Nomor 10/1995 tentang Kepabeanan
  • Undang-undang Nomor 12/1997 tentang Hak Cipta
  • Undang-undang Nomor 14/1997 tentang Merek
  • Undang-undang Nomor 13/1997 tentang Hak Paten
  • Keputusan Presiden RI No. 15/1997 tentang Pengesahan Paris Convention for the Protection of   Industrial Property dan Convention Establishing the World Intellectual Property Organization
  • Keputusan Presiden RI No. 17/1997 tentang Pengesahan Trademark Law Treaty
  • Keputusan Presiden RI No. 18/1997 tentang Pengesahan Berne Convention for the Protection of             Literary and Artistic Works
  • Keputusan Presiden RI No. 19/1997 tentang Pengesahan WIPO Copyrights Treaty

 

Berita Lainnya